Wednesday, March 23, 2011

Additional fitur Delphi 2009

Additional  fitur Delphi 2009
Delphi  2009 juga menambahkan fitur tambahan yang tidak bisa dikatakan baru karena fitur ini sudah terdapat pada Delphi 2007. Bedanya, fitur-fitur lama tersebut telah di-upgrade kemampuannya, sehingga pada Delphi 2009 kemampuan fitur-fitur tambahan tersebut terasa semakin canggih.

Beberapa fitur tambahan:
1.       BlackfishtmSQL
Blackfish SQL pertama kali dikenalkan pada Delphi 2007. Blackfish SQL merupakan salah satu jenis server bawaan Delphi. Blackfish dapat sebagai sebuah RDMS yang cukup fleksibel. Blackfish SQL dapat digunakan sebagai database yang “tertempel” pada suatu aplikasi yang berdiri sendiri. Untuk meningkatkan kemampuan Blackfish SQL, anda dapat memberi versi enterprise-nya karena pada bawaan Delphi Blackfish SQL yang digunakan masih versi Delphi Edition. Tingkat fleksibilitas juga dapat terlihat pada jenis aplikasi yang mendukungnya. Jenis database tersebut dapat digunakan pada mode aplikasi web maupun aplikasi Windows services.
Pada proses deployment (penyebaraan), tgergolong sangat sederhana, hanya membutuhkan tidak lebih dari perintah XCOPY, termasuk anda juga harus meng-copy file binary, file database dan file lisensi. Untuk keperluan .NET framework, Blackfish SQL menyediakan RDBMS secara penuh.
Blackfish SQL dapat dijalankan dalam bentuk 3 mode yang berbeda, antara lain:
·         Sebagai Windows Service.
·         Sebagai aplikasi berdiri sendiri (stand alone executable).
·         Sebagai proses perakitan (in-process assembly).
Aplikasi dapat berhubungan dengan Blackfish SQL dalam dua cara, yaitu: secara remote dan secara local. Pada saat berhubungan dengan Blackfish SQL menggunakan mode remote, blackfish sql akan menggunakan media protocol TCP/IP untuk konektivikasinya, sedangkan apabila berhubungan pada mode local, Blackfish SQL akan menggunakan metode Simple Bind pada konektivitasnya dengan sebuah aplikasi.
Setelah proses instalasi selesai, Blackfish SQL akan dijalankan sebagai Windows Services dan melakukan set agar berjalan pada saat Windows melakukan Starup. Secara  default, Blackfish SQL menggunakan port 2508 pada system operasi Windows Anda.
2.       Vista support
Peluncuran system operasi Windows Vista secara langsung membawa perubahan pada Win API system operasi tersebut. Tentu saja, Miicrosoft menanamkan jenis dan update API terbaru agat mendukung Windows Vista. Delphi 2007 adalah aplikasi pemrograman pertama kali yang mendukung penuh API Windows Vista yang terbaru. Fitur API Windows Vista rata-rata berupa peningkatan pada komponen VCL dan propertinya. Delphi 20007 memberikan kepada para pengembangan berupa akses cepat dan mudah untuk mengakses fungsi baru tersebut. Delphi 2009 mengambil langkah lenih lanjut dalam hal penanganan Vista API, yaitu dengan menambahkan dukungan penuh Vista API di masing-masing komponen VCL-nya.
Tentu saja, hanya aplikasi yang berjalan pada Vista yang  akan dapat menggunakan penuh kemampuan fitur baru ini. Bagaimana jika aplikasi yang dibuat berjalan pada Windows XP atau Windows 2000? Fungsi Vista tidak akan dapat berjalan dan digantikan dengan fungsi dasar daari masing-masing operasi yang bersangkutan.

3.       Glassing effect
Delphi 2009 memperkenalkan dukungan Windows Aero Interface.VCL pada Delphi 2009 akan menambahkan Property pda Tform untuk membuat frame Glass (kaca) di sekitar tepi form yang bersangkutan. Para pengembang diharapkan dapat menggunakan fasilitas ini untuk mengembangkan aplikasi rancangan mereka. Penggunaan fitur ini juga sangat midah. Hanya mengubah properties SheetOfGlass milik Tform menjadi True, agar dapat menampilkan efek Glass. Jika aplikasi yang Anda buat berjalan pada platform Vista, properties SheetOfGlass tidak akan berpengaruh karena secara default, form pada Vista telah mendukung tampilan tersebut.

0 komentar:

Post a Comment